Cara Menghilangkan Gatal akibat Keputihan

Salah satu hal yang membuat keputihan menjadi tidak nyaman adalah ketika kita merasakan gatal yang mengganggu di bawah sana. Apalagi saat kita sedang banyak gerak seperti bekerja di luar ruangan, olahraga dan sebagainya. Tidak semua keputihan berbahaya, pada jenis tertentu keputihan adalah salah satu tandanya perubahan fisiologis. Akan tetapi, jika mengalami keputihan yang berbau amis, berwarna kekuningan, kehijauan, keabu-abuan dan kecoklatan disertai dengan rasa gatal ini merupakan tanda keputihan abnormal yang harus segera ditangani. Gatal pada area vagina biasanya disebabkan oleh jamur candida albicans.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina, berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer atau kental, berbau tiak sedap dan menyebabkan rasa gatal. Penyebab keputihan antara lain karena adanya infeksi yang dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil. Adanya kandidas pada vagina harus ditangani dengan tepat karena jika tidak akan mengalami kebal bakteri. Selain gatal ada ciri lain seperti nyeri saat buang air kecil dan yang lebih parah penderita mengalami nyeri pada saat melakukan hubungan seksual. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal seperti ini dapat menular kepada pasangan seksualnya. Pada pasangan pria infeksi jamur akan mempengaruhi penis bagi pria sehingga menyebabkan merah, mengembangkan lepuh.

Beberapa Alternatif yang Perlu Anda Terapkan

  • Jagalah keseimbangan alami daerah kewanitaan anda. Jangan memakai sabun antiseptik atau obat antibiotik tanpa resep dari dokter ( karena di sana sebenarnya ada bakteri-bakteri baik yang berfungsi sepagai penjaga keseimbangan. Jika merasa perlu menggunakan sabun, pilihlah sabun dengan derajat keasaman yang sesuai dengan vagina (PH=3,5).
  • Selalu jaga agar organ kewanitaan anda selalu kering (tidak lembab).
  • Jaga pakaian dalam Anda tetap bersih dan nyaman. Pilih pakaian dalam dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Bila tidak diperlukan, hindari penggunaan pantyliner untuk membuat vagina lebih bersirkulasi.
  • Vagina anda harus selalu bersih. Bisa dengan membersihkan bulu pubis atau membasuhnya dengan cairan antiseptik khusus kewanitaan maupun dengan air daun sirih. namun yang perlu Anda perhatikan adalah, sesungguhnya membersihkan seperti ini tak harus setiap hari. Karena pada dasarnya vagina bisa membersihkan sendiri dan menjaga keasaman alami vagina tetap terjaga.
  • Sebisa mungkin jangan stres. Salah satu penyebab Anda mengalami keputihan adalah stres sehingga secara hormonal tubuh kita mengalami gangguan.
  • Kurangi konsumsi makanan manis karena bisa meningkatkan resiko gatal pada area vagina. Makanan pahit atau makanan alami seperti buah dan sayur justru lebih baik untuk menjaga kesehatan vagina agar tidak mengalami keputihan.
  • Hubungan seks beresiko menularkan jamur yang menyebabkan infeksi menular. Oleh karena itu menjaga kebersihan area kewanitaan sangat penting, bisa dilakukan dengan menggunakan antiseptik yang teruji. Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat dihindari dengan rutin berendam air panas dan gunakanlah produk yang mengandung balt salt.
  • Hindari menggaruk bagian vagina meskipun anda merasakan gatal yang luar biasa. Karena menggaruk bisa memperparah kondisi gatal atau cepat menyebarkan rasa gatal pada area sekitar, dan bisa menyebabkan infeksi. Rasa gatal bisa anda atasi dengan menggunakan air hangat untuk membasuh vagina anda.
  • Jika diperlukan, mintalah kepada dokter anda agar diberikan obat sebagai pereda rasa gatal yang anda alami.
fufayustin

About fufayustin