Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita

Organ intim wanita memang rentan terkena bakteri karena merupakan bagian tubuh yang sering lembab karena kurangnya sirkulasi udara. Iritasi, merah-merah, gatal dan bau tidak sedap, serta keputihan merupakan gangguan yang bisa terjadi akibat dari kurangnya menjaga kebersihan organintim atau vagina. Masalah-masalahtersebut seringkali membuat seorang wanita menjadi tidak nyaman dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kebersihan dan kesehatan di area sekitar organ kewanitaan anda agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin yang sangat berbahaya seperti masalah keputihan.

Salah satu yang cukup sering dialami oleh beberapa wanita adalah masalah keputihan. Hampir semua wanita mengalami keputihan. Keputihan yang terjadi pada tiap wanita terkadang memang tidak sama. Karena memang keputihan sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis tidak berbahaya karena memang sudah menjadi fungsi alami tubuh memproduksi lendir pada mulut rahim dan akan dikeluarkan melalui vagina. Sedangkan keputihan patologis sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Keputihan patologis biasanya akan memunculkan beberapa gejala seperti aroma yang tidak seddap, gatal, dan berwarna kekuningan atau kehijauan dan sebagainya. Jika anda menemui keputihan anda bukan keputihan yang normal sebaiknya segera ambil tindakan untuk mengatasinya.

Salah satu usaha untuk mengatasi keputihan adalah dengan menjaga dan merawat organ kewanitaan dengan cara yang tepat. Karena sifatnya yang sensitif, sehingga para wanita tentu saja harus berhati-hati dan memperhatikan bagaimana caramerawatvagina yang benar. Berikut beberapa cara untuk merawatorgan kewanitaan anda:

  • Hindari memakai celana yang ketat atau pakaian yang terlalu ketat di area organ kewanitaan, karena bisa menekan vagina dan membuatnya lembab. Jangan terlalu sering mengenakan pakaian berbahan sintetis yang menempel langsung pada kulit saat dipakai (stocking, legging, skinny pants).
  • Sehabis berenang atau olahraga, segera ganti pakaian dan celana dalam secepat mungkin. Karena, area vagina sangat rentan pada kelembaban. Membiarkan pakaian basah menempel terlalu lama pada tubuh akan memicu pertumbuhan bakteri yang tentu sja akan merugikanbagi tubuh anda.
  • Kenakan celana dalam berbahan katun, khususnya saat aktif bergerak atau beraktivitas di luar ruangan dan berpanas-panasan. Katun mudah menyerap keringat dan kelembaban, sekaligus baik untuk sirkulasi udara.
  • Saat menstruasi, sebaiknya ganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam sehari, tergantung banyaknya darah haid yang keluar. Hanya gunakan pembalut atau panty liner yang tidak diberi pewangi, karena wewangian bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu.

Mengatasi keputihan bisa anda lakukan secara alami maupun melalui perawatan medis dan bisa juga mengatasinya dengan bahan-bahan kemasan herbal. Namun tergantung juga tingkat keparahan keputihan yang anda alami. Jika keputihan anda menjadi tidak normal sebaiknya anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter ahli kandungan. Mungkin saja anda bisa melakukan pengobatan yang alami, namun untuk mengetahui tingkat keparahan keputihan anda, maka memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang tepat.

Keputihan yang normalseringkali diabaikan sehingga berakibat pada gangguan pada organ reproduksi lainnya akibat kebersihan yang tak dijaga dan menyebabkan bakteri mudah berkembang. Cara yang paling ampuh, aman dan terpercaya serta mampu memelihara dan menyehatkan organ reproduksi luar maupun bagian dalam adalah dengan menggunakan crystal X. Crystal X sangat dianjurkan oleh dokter ahli dalam menangani masalah atau macam-macam gangguan pada organ reproduksi wanita.

fufayustin

About fufayustin