Solusi Mengatasi Keputihan

Kebersihan organ intim memang harus selalu dijaga untuk menjaga fungsi organ intim tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya. Namun menjaga organ intim tentu tidaklah mudah banyak hal yang menghambat seperti adanya cairan keputihan yang dapat mengganggu keseimbangan pH di organ intim, keluarnya darah menstruasi yang terlalu banyak hingga masalah lainnya. Organ intim wanita merupakan alat reproduksi yang sangat penting dan keberadaannya perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Keberadaan organ intim wanita ini tentunya diperlukan perawatan ekstra yang dapat kita lakukan setiap hari sebagai rutinitas yang penting dan wajib dilakukan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi vagina menjadi tidak sehat. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini:

  • Kurangnya menjaga kebersihan vagina akan berdampat munculnya bakteri jahat yang dapat membuat vagina menjadi gatal-gatal dan lain sebagainya. Hal ini bisa anda atasi dengan caralebih memperhatikan dan menjaga kebersihan diri terutama kebersihan organ intim.
  • Infeksi pelvis sering terjadi pada vagina. Hal ini diakibatkan oleh kondisi vagina yang terlalu basa. Faktor-faktor penyebab infeksi pelvis bisa berupa karena diet, kontrasepsi yang tidak cocok dan juga tingkat stres. Infeksi Pelvis yang terjadi akan mengakibatkan berkembang biaknya bakteri jahat pada vagina.
  • Penggunaan produk pembersih vagina dapat mematikan bakteri baik. Dengan matinya bakteri baik pada vagina, maka akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan pH.

Saat ini banyak produk pembersih vagina yang dijual bebas dan berbagai bentuk kemasan. Namun tak semua produk pembersih vagina aman untuk digunakan. Dengan peranananya sebagai organ paling intim pada wanita, maka sudah sepantasnya berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan organ reproduksi ini, secara luas harus diketahui, khususnya bagi kaum hawa. Menjaga kesehatan dan kebersihan vagina adalah sebuah hal yang mutlak dilakukan oleh setiap wanita. Anda harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih organ intim.

Untuk memilihnya, sebaiknya cek dahulu merk produk pembersih vagina yang akan dibeli, kemudian cek bahan-bahan yang terkandung dalam produk pembersih vagina tersebut, pilihlah produk pembersih vagina yang mengandung bahan-bahan alami tradisional yang diperoleh dari bahan rempah pilihan, jangan gunakan produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan sebaiknya gunakan produk pembersih vagina yang direkomendasikan langsung oleh dokter ahli atau pakar seksologi. Pastikan produk tersebut bisa mengatasi masalah keputihan anda.

Secara fisiologis berdasarkan fungsi alami tubuh akan membersihkan dirinya sendiri. Pada ekosistem vagina terdapat simbiosis mutualisme antara vagina dengan bakteri. Bakteri ini mampu melawan bakteri jahat yang masuk ke sistem reproduksi. Bakteri tersebut dinamakan dengan lactobacili yang fungsinya adalah menjaga keasaman vagina pada pH 3,8 – 4,5. Sementara bagian lendir yang terdapat pada vagina terdiri dari air, albumin, dan sedikit sel darah putih, dan juga mucin atau zat berminyak yang menyebabkan vagina licin.

Solusi untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita sebenarnya tidaklah sulit. Banyak hal yang dapat kita lakukan, mulai dari menjaga kebersihan organ intim setiap harinya, menjaga konsumsi makanan yang sehat dan seimbang, dan mengatur pola hidup yang sehat dan seimbang. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda bisa mengatasi keputihan anda dengan menggunakan produk herbal berdasarkan keterangan diatas. Anda bbisa meminta saran dari dokter atau kerabat anda yang telah mengalaminya. Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh ilmuawan asing, menyebutkan bahwa vagina tidak memerlukan produk kimia dan pengharum untuk mempertahankan kebersihannya. Justru produk tersebut dapat mengganggu keseimbangan pada pH vagina jika anda tidak bisa memilihnya dengan tepat.

fufayustin

About fufayustin